Rasa Gatal Di Daerah Kewanitaan

Assalamu’alaykum.. sebulan terakhir ini aku merasakan rasa gatal di daerah kewanitaan. Terapi yang aku lakukan membasuh dg air rebusan daun sirih. Pertanyaan saya, apakah gejala-gejala itu termasuk kanker serviks? Terapi apa yang harus dilakukan ? atas penjelasannya jazakillah khoir. (0852901xxx)

Jawab :
Wa’alaikum salam warohmatullohi wabarokatuhu. Gatal pada kemaluan banyak penyebabnya. Mulai dari iritasi maupun alergi terhadap bahan-bahan yang kontak dengannya, seperti pembalut, kutu rambut kemaluan yang kasat mata, sampai iritasi dari keputihan yang bisa timbul akibat infeksi bakteri, jamur maupun parasit. Jadi yang bisa dilakukan, mengamati adakah bahan-bahan yang Ukhti alergi dengannya, mencukur rambut kemaluan secara teratur (tidak lebih dari 40 hari), jaga agar pakaian dalam selalu kering (sering ganti), hindari pakaian dalam yang ketat dan kurang menyerap. Oya, arah cebok harus benar, dari depan ke belakang.

Keputihan yang biasa terjadi (bukan penyakit) jika bersifat bening, tidak gatal, tidak berbau, biasanya berhubungan dengan hari-hari haid (bisa sebelum atau sesudahnya), jumlah tidak terlalu banyak. Jika keputihan yang timbul berwarna hijau, putih susu atau seperti kepala santan, disertai gatal, panas, bau tidak sedap, sementara kiat-kiat di atas sudah dilakukan, maka diperiksakan saja ya.

Gejala kanker leher rahim yang paling sering ditemukan adalah keputihan, yang pada stadium lanjut berbau busuk. Gejala lain, perdarahan jalan lahir yang timbul setelah senggama, saat buang air besar. Juga dapat timbul nyeri, anemia akibat perdarahan yang ada. Pertanyaannya adalah bagaimana mengetahuinya sedini mungkin? Disarankan untuk wanita yang sudah menikah untuk melakukan papsmir (Pap’s smear). Wallahu a’lam (dr Shofi).



50 Responses to “Rasa Gatal Di Daerah Kewanitaan”

  1. ali ridho says:

    daerah kewanitaan yang gatal secara medis modern bisa disebabkan oleh karena proses infeksi yang ada didaerah itu.

    infeksi bisa disebabkan oleh jamur, bakteri atau microorganisme yang lain.

    secara kedokteran timur gatal didaerah ni bisa disebabkan karena adanya lembab . baik lembab panas atau lembab dingin.

    maka solusinya adalah dengan memperhatikan kebersihan dan vitalitas tubuh.

    jika keputihan terlihat warna kuning sd hijau , gatal dan mengeluarkan bau…maka bisa di gunakan herbal seperti TAPAK LIMAN DAN MAJAKAN.

    jika keputihan dengan warna seperti susu yang putih maka saya lebih menganjurkan konsumsilah DELIMA PUTIH

    semoga bermanfaat

  2. Reni says:

    assalamu’alaikum, dok saya mw tanya tentang kehamilan, sy skrng lg hamil dan usia kandungan udh masuk 8 minggu, kemarin sy USG kt dokter janinnya tidak ada dan perkiraan dokter janinnya itu tidak berkembang, hnya kantung rahimnya aja yg trlihat besar. Bisa tolong jelaskan mngenai janin yg tidak berkembang dan faktor apakah yg menyebabkan bayi tidak berkembang? apakah harus di kiret? klo di biarkan apakah berbahaya? jika harus di kiret apakah kiret itu aman dok?apakah ada cara lain u mmbersihkan rahim tanpa kuret?mohon solusinya dg cara thibbunnabawi dok, syukron..

  3. ali ridho says:

    bu Reni yang kami hormati, menurut pengetahuan kami ketika memang janin tidak berkembang maka nantinya harus dikeluarkan. cuma untuk masalah janin berkembang atau tidak tentunya dokter Obgyn yang lebih berkompeten untuk menentukan bu…

    yang saya tahu ketika tidak berkembang maka harus dikeluarkan dengan metode kuret. kuret insya Alloh sepengetahuan saya sangat aman.

    metode selain kuret saya belum bisa memberikan penjelasan karena belum bisa dipastikan keberhasilannya

    untuk penyebab banyak faktor yang bisa membuat janin tidak berkembang. bisa kelelahan baik fiisik maupn pikiran , goncangan dan lain lain

    sekian jawaban saya semoga ibu diberikan kesabaran dan ketabahan.

  4. evi says:

    Ass…
    Dok ,,, saya mau tanya mengenai gatal pada kemaluan, akhir – akhir ini saya sering merasakan gatal pada kemaluan
    padahal saya tidak pernah mengalami keputihan, dan selalu menjaga kebersihan daerah kewanitaan
    penyebabnya apa ya dokter ?
    dan solusi nya gimana ?

  5. cinta says:

    Ass…dok saya mau tanya , saya sring mengalami gatal didaerah kewanitaan…sya tdk tahan dengan gatalnya sampai akhirnya tiap kali gatal sya garuk dan sehabis digarus pasti bentol-bentol kyak digigit nyamuk…itu pnyebabnya apa ya??dan berbahaya atau tdak.thanks…

  6. rahma says:

    ass…dok,saya mw ty klo gatal didaerah kemaluan itu boleh menggunakan paintiliner dan sabun sirih?mksh

  7. ika says:

    ass, dokter akhir” ini saya saring sekali mengalami gatal” pd daerah kewanitaan saya dok , tapi kadang berkurang rasa gatalnya kadang pula gatal sekali, saya tkut sekali dok , ada sedikit bentol merah di mulut kewanitaan saya :(
    bgaimna cra mengatasinya dokter ??

  8. ichaa says:

    ass dok…..sy srg mgalami gatal didaerah kmaluan z….n kdag gtal skali…pdhal z srig gnti dlaman stiap trasa agk bsa….n jg sudh memakai sbun anti septikk n z jg srig mncukur bulux…tlog dok djlskan cra yg bs mghilgkan rs gtal tsb….??????

  9. dewi says:

    Dok kelamin saya gatal sekali. Saya sudah kedokter spesialis kelamin. Sudah di lab’ ..hasilnya hanya keputihan biasa..tdk ada yg berbahaya. Tp.setelah berobat tetep aja tdk sembuh gatalnya..saya sdh minum air rebusan sirih dan utk dibsuh..dan pke pembersih..tetep aja blm sembuh. Sekarang adabintik bintik dikemaluan. Saya harus gimana lg yadok.

  10. ahfas says:

    assalaamu’alaikum.maaf dok mau tanya,,didalam mulut tepatnya didalam mulut bagian atas ada semacam daging jadi..saran dokter harus dioprasi,,,tapi basrangkali ada solusi secara herbal…mohon jawabannya terimakasih.

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Bad Behavior has blocked 100 access attempts in the last 7 days.

Switch to our mobile site